13 September 2017 | Internasional

Ikuti Langkah Meksiko, Peru Usir Dubes Korut

LIMA - Pemerintah Peru mengusir Duta Besar (Dubes) Korea Utara (Korut) untuk meninggalkan negara tersebut. Pengusiran dilakukan terkait uji coba nuklir yang dilakukan Korut waktu hari lalu. Kementerian Luar Negeri Peru menyatakan Dubes Kim Hak- Chol kini berstatus persona non grata dan diberikan waktu lima hari untuk angkat kaki dari Peru. Keputusan itu diumumkan setelah DK PBB menerapkan sanksi-sanksi baru terhadap Korut terkait uji coba nuklirnya.

Dalam pernyataannya, Kementerian Luar Negeri Peru menyatakan bahwa keputusan tersebut diambil mengingat pelanggaran berulang kali dan terang-terangan Korut akan resolusi-resolusi DK PBB sebelumnya. Disebutkan bahwa tindakan Korut merupakan ancaman serius terhadap perdamaian dan keamanan internasional serta stabilitas di wilayah Asia timur laut dan dunia sehingga tidak bisa diterima. Kementerian itu pun menyerukan Pyongyang agar menghormati hukum internasional dan menghentikan program nuklirnya.

Pada Maret lalu pihaknya telah memerintahkan Korut untuk mengurangi jumlah diplomat di kedutaannya yang berada di Ibu Kota Lima, dari enam diplomat menjadi tiga diplomat. Pengusiran ini dilakukan setelah pekan lalu, pemerintah Meksiko juga mengusir Dubes Korut dari wilayahnya.

Pengusiran yang dilakukan Meksiko dan Peru terjadi setelah Wakil Presiden AS Mike Pence mendesak kedua negara tersebut untuk memutus hubungan diplomatik dengan Korut. Brasil dan Cile juga didesak Pence untuk melakukan hal serupa. Namun sejauh ini belum jelas apakah pemerintah kedua negara akan mengikuti langkah Meksiko dan Peru. (afp-25)