12 September 2017 | Internasional

Melemah, Badai Irma Masih Berbahaya

MIAMI - Meski dinyatakan telah melemah menjadi Kategori 1, Badai Irma dinyatakan masih tetap berbahaya. Saat ini, inti badai berada di bagian utara Lakeland, Florida, dan bergerak ke arah barat laut dengan pergerakan 24 kilometer per jam. Meski melemah, laju dari topan besar kedua yang melanda Amerika Serikat dalam sebulan terakhir ini semakin cepat.

Irma diperkirakan bakal bergerak melalui Semenanjung Florida, mencapai perbatasan Negara Bagian Georgia sekitar 11.00 waktu setempat. Mayor Richard Rand, Komandan Insiden Badai di Utara Pantai Miami, mengatakan timnya masih memantau situasi. Dia melaporkan, sejumlah tiang listrik ambruk dan ada bahaya genangan air. ”Prioritas utama kami adalah untuk turun kembali ke lapangan.

Kami mengerahkan tim untuk meninjau dan melaporkan keadaan,” kata Rand, Senin (9/11) kemarin. Dia memperingatkan bahwa jalanan masih berbahaya meski hujan sudah mulai mereda. ”Masih belum aman untuk keluar rumah. Salah satu waktu yang paling berbahaya adalah setelah badai berlalu,” ujarnya.

Empat Orang Tewas

Peringatan yang sama dilontarkan Gibernur Florida Rick Scott. Dia mengimbau warga agar tetap berdiam diri di rumah mengingat bahaya banjir masih mengancam. ”Bahkan air yang mengalir dengan tinggi enam inci tetap bisa membuat Anda terjatuh,” katanya melalui Twitter. ”Tetap di rumah agar tetap aman.” Sejauh ini Badai Irma telah menewaskan empat orang di Florida Keys.

Badai yang menghantam dengan kekuataan Kategori 4 pada Minggu (10/9) juga menumbangkan sejumlah crane, membuat jalanan tergenang, dan memaksa jutaan warga hidup tanpa pasokan listrik. Hingga kemarin upaya pencarian dan penyelamatan korban masih terus berlangsung.

Di kepulauan Florida Keys, petugas gawat darurat memperingatkan adanya peningkatan ”krisis kemanusiaan”. Presiden Donald Trump telah menyetujui penetapan bencana besar dan bantuan darurat federal bagi Florida.

Sementara itu Konsulat Jenderal RI di Houston, Texas, melaporkan puluhan mahasiswa asal Indonesia yang berada di sekitar Negara Bagian Florida telah dievakuasi karena amukan Badai yang menyapu sejak akhir pekan lalu ini. (cnn,bbc,afp-mn-53)