11 September 2017 | Edukasia

Undip Komitmen Cetak Pakar Berbagai Keilmuan

SEMARANG- Undip menggelar upacara pengukuhan guru besar untuk Prof Dr Eko Soponyono dari Fakultas Hukum dan Prof Muslim PhD dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Sabtu (9/9), di Gedung Pascasarjana. Hal ini juga bagian dari komitmen kampus itu memberikan sumbang saran bagi ilmu, pengetahuan, dan peradaban manusia. ‘’Kami sepenuhnya memiliki tanggung jawab untuk terus melahirkan banyak pakar di berbagai bidang keilmuan.

Pemikiran dan kadar intelektualitas para guru besar ini sekaligus diinginkan menjadi obor untuk menemukan banyak solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi bangsa,’’tutur Rektor Undip Prof Dr Yos Johan utama dalam forum pengukuhan guru besar. Dia menambahkan guru besar adalah jabatan akademik tertinggi.

Tapi kedudukan itu harus diikuti dengan menyebarluaskan ilmu yang dapat bermanfaat bagi rakyat. ‘’Menjabat profesor wajib pula dibarengi integritas, kematangan jiwa, kepedulian dan keberanian. Segala ilmu yang dimiliki akan diminta pertanggungjawabannya di dunia dan akhirat.

Keinginannya profesor yang dikukuhkan ini makin menghasilkan karya yang bermutu untuk meningkatkan daya saing bangsa,’’imbuhnya. Undip saat ini melaksanakan program percepatan guru besar. Di dalamnya mencakup upaya pendampingan penulisan riset dan publikasi internasional. Selain itu berupa pendanaan untuk riset yang dikerjakan.

‘’Pada tahun ini Undip bahkan menyediakan dana riset sekitar Rp 44 miliar untuk menggenjot jumlah publikasi internasional. Tahun depan malah akan ditingkatkan menjadi Rp 60 miliar. Hal ini dilakukan agar kampus ini mempunyai kemandirian ilmu yang semakin kuat yang pada muaranya menghasilkan lulusan yang profesional dan berkompeten,’’urainya.

Ketua Senat Akademik Prof Dr Sunarso menjelaskan bertambahnya dua guru besar menjadikan kampus tersebut mempunyai jumlah profesor aktif 108 orang. Universitas tertua di Jateng itu juga sedang mengajukan 14 orang nama yang diusulkan menjadi guru besar ke Kemristekdikti. (H41-42)