• KANAL BERITA

Portugal, Jerman dan Prancis Masuk dalam Satu Grup

Drawing Euro 2020

Foto: ESPN
Foto: ESPN

BUKAREST, suaramerdeka.com - Drawing Piala Eropa 2020 sudah digelar di Bukarest, Sabtu (30/11) malam waktu setempat. Setelah menyudahi sesi kualifikasi tengah bulan ini, ada 20 tim yang sudah memastikan lolos dan empat tiket tersisa diperebutkan 16 tim melalui mekanisme playoff Maret mendatang.

Dari hasil drawing, tersaji satu grup neraka di mana juara bertahan Portugal berada bersama Jerman dan Prancis di grup F. Ketiganya adalah pemenang di tiga edisi terakhir turnamen besar, yakni Piala Dunia dan Piala Eropa. Sisa satu tim akan diperebutkan Rumania, Islandia, Hongaria, dan Bulgaria.
 
Prediksi soal Grup Neraka sudah muncul sejak awal mengingat Prancis, Kroasia, dan Belanda ada di pot 2, sementara Portugal di pot 3. Pembagian pot berdasarkan hasil selama kualifikasi.

Sementara itu, Inggris yang juga merupakan favorit juara berada di Grup D bareng Kroasia, Republik Ceska, dan pemenang playoff Grup C. Di Grup A, Italia akan bertemu Italia, Wales, dan Swiss.

Di Grup B, Denmark akan menghadapi Finlandia, Belgia, dan Rusia. Di Grup C Belanda dipertemukan dengan Ukraina, Austria, dan pemenang Playoff Grup D antara Makedonia Utara, Kosovo, Belarusia, atau Georgia.

Spanyol sebagai pemegang trofi Piala Eropa terbanyak bareng Jerman berada di Grup E bareng Swedia, Polandia, dan pemenang Playoff Grup B antara Bosnia-Herzegovina, Slovakia, Irlandia, dan Irlandia Utara. Turnamen yang pertama kalinya dihelat di 12 kota berbeda itu akan dimula 12 Juni hingga 12 Juli.

Hasil Drawing Euro 2020:

Grup A: Turki, Italia, Wales, Swiss
Grup B: Denmark, Finlandia, Belgia, Rusia
Grup C: Belanda, Ukraina, Austria, pemenang play off D (Georgia, Makedonia Utara, Kosovo, atau Belarusia)
Grup D: Inggris, Kroasia, Rep Ceska, pemenang play off C (Skotlandia, Norwegia, Serbia, atau Israel)
Grup E: Spanyol, Swedia, Polandia, pemenang play off B (Bosnia-Herzegovina, Slovakia, Irlandia, atau Irlandia Utara)
Grup F: Portugal, Jerman, Prancis, pemenang play off A (Islandia, Bulgaria, Hongaria, atau Rumania)


(Andika Primasiwi, DS/CN26)