• KANAL BERITA

Enrique Ungkap Alasan Robert Moreno Tak Lagi Jadi Asistennya

Foto: SkySports
Foto: SkySports

MADRID, suaramerdeka.com - Usai resmi kembali menjabat sebagai pelatih Spanyol, Luis Enrique mengungkapkan alasan mengapa Robert Moreno tak lagi menjadi asistennya.  Moreno sudah menjadi asisten Enrique sejak di AS Roma, Celta Vigo, hingga Barcelona.

"Satu-satunya orang yang bertanggung jawab mengenai absennya Robert Moreno dalam staf kepelatihan Spanyol adalah saya. Ia (Moreno) mengunjungi rumah saya pada September lalu, dia bilang ingin melatih Spanyol di Euro 2020 dan setelahnya, ia siap kembali menjadi asisten saya jika saya ingin melatih lagi," ujar Enrique dalam perkenalan dirinya kembali sebagai pelatih Spanyol di Madrid, belum lama ini.

Enrique sendiri sebelumnya sempat mundur sebagai pelatih Spanyol pada Juni lalu, untuk merawat putrinya, Xana, yang menderita kanker tulang. Karena alasan itu, Enrique tak lagi mendampingi La Furia Roja di Kualifikasi Piala Eropa 2020 sejak Maret lalu.

Untuk menggantikan posisi Enrique, Spanyol mendapuk Moreno yang pada akhirnya meloloskan Spanyol ke Piala Eropa 2020 dengan status tak terkalahkan di kualifikasi.
Namun, RFEF tetap ingin Spanyol dipimpin Enrique di turnamen itu sehingga Moreno pun diganti dan tak lagi menempati jabatan sebelumnya sebagai asisten pelatih. Proses pergantian pelatih ini pun menyisakan cerita tak enak antara Enrique, Moreno, dan RFEF.

"Saya paham, dia orangnya ambisius dan bekerja sangat keras untuk menjadi pelatih Spanyol, tapi dia sudah menunjukkan ketidaksetiaan, dan buat saya ini sebuah kesalahan. Saya tak mau orang seperti itu ada dalam staf kepelatihan saya. Saya katakan padanya jika dia itu kuat dan punya determinasi, tapi dia tak akan jadi bagian dari tim saya," demikian Enrique seperti dikutip Sky Sports.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)