Publikasi Jurnal Internasional, Kerja Sama Internasional Juga Perlu Ditingkatkan

Andika
- Kamis, 18 Maret 2021 | 06:30 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Guna meningkatkan tri dharma perguruan tinggi , Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) menggelar workshop “Peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi Melalui Kerja Sama Internasional di Bidang Publikasi” di aula Gedung V, belum lama ini

Kegiatan yang diikuti para dosen di lingkungan FTP USM ini menghadirkan narasumber Executive  Chairman SAFE Network dan Dosen FTP Universitas Andalas Padang Prof Dr Novizar Nazir. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor II USM yang sekaligus  dosen FTP Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP, Dekan FTP Dr Ir Haslina MSi beserta para dosen FTP USM.

Menurut ketua panitia Dewi Larasati MP bahwa pelaksanaan kegiatan workshop peningkatan Tri Dharma melalui kerja sama internasional, khususnya dalam bidang publikasi. Tujuannya adalah untuk bekerja sama dengan internasional dan meningkatkan publikasi internasional.

“Jumlah jurnal dosen FTP USM yang terpublikasi internasional sudah ada seperti Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih M dan Dr Haslina, namun perlu kita tingkatkan lagi jumlahnya sehingga dengan workshop ini bisa meningkatkan publikasi jurnal,” papar Dewi.

Sementara narasumber Prof Dr Novizar Nazir mengatakan sebagaimana kita ketahu bahwa publikasi bagian dari tridharma dan saat ini diperlukan terutama dosen dituntut untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal internasional. Kesulitannya adalah, tidak bisa menembus jurnal internasional jika tidak bekerja sama dengan teman–teman di luar negeri.

“Dengan workhop ini bagaiamana kita bisa mendapatkan akses dan kerja sama untuk jurnal–jurnal dari luar negeri sehingga bisa meningkatkan publikasi dosen FTP USM. Tujuan dari peningkatan tri dharma perguruan tinggi  ini nantinya  adalah meningkatkan kualitas mahasiswa, maka dari itu kita harus  bekerjasama dengan luar negeri dalam bidang pendidikan, penelitian dan publikasi jurnal karena nantinya akan berdampak bagi kualitas mahasiswa,” kata Prof Novizar.

Editor: Andika

Rekomendasi

Terkini

Bekas Selat Muria dan Sikap Ekologis

Selasa, 19 Maret 2024 | 04:02 WIB

Mengenal Teknologi Carbon Capture and Storage

Jumat, 8 Maret 2024 | 17:20 WIB

Kulon Alun-alun

Selasa, 5 Maret 2024 | 19:02 WIB

Eligible SNBP: Pentingnya Sosialisasi kepada Orangtua

Minggu, 21 Januari 2024 | 13:40 WIB

Urgensi Penggunaan Sabuk Keselamatan

Minggu, 7 Januari 2024 | 08:05 WIB

Kerukunan Umat dan Optimisme Indonesia Emas

Selasa, 2 Januari 2024 | 09:09 WIB

Upaya Menuju Hilirisasi Sampah Melalui Regulasi

Sabtu, 30 Desember 2023 | 08:04 WIB

Wujudkan Cinta Tanah Air dengan Prestasi Olahraga

Sabtu, 16 Desember 2023 | 17:28 WIB

Menggunakan Angkutan Umum Bisa Hemat 50 Persen

Senin, 11 Desember 2023 | 07:35 WIB

Peran Komunitas dalam Mengakhiri AIDS

Jumat, 1 Desember 2023 | 10:37 WIB
X