image

SAPA PRAJURIT: Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Tatang Sulaiman menyapa prajurit saat penutupan latihan penanggulangan bencana Posko Korem di Makorem Salatiga, Rabu (13/9). (SM/Moch Kundori)

14 September 2017 | 06:52 WIB | Semarang Metro

Latihan Penanggulangan Bencana, Danrem Salatiga Dinilai Baik

SIDOREJO, suaramerdeka.com - Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Tatang Sulaiman menyebutkan Danrem 073/Salatiga Kolonel Joni Pardede dan para stafnya memiliki nilai bagus dalam ujian latihan penanggulangan bencana. Latihan Posko Korem 073/Makutarama ini berlangsung tiga hari yang berakhir Rabu (13/9) di Makorem.
 
"Danrem Salatiga memiliki nilai bagus saat ujian latihan penanggulagan bencana. Nilainya mencapai 92,5 yang boleh dibilang cumluade," kata Pangdam saat penutupan latihan Posko, di Makorem Salatiga, Rabu (13/9).

Ditambahkan Pangdam, latihan simulasi penanggulangan bencana di Makorem ini, ke depan bisa disimulasikan pula dalam latihan di luar ruangan. Sebab selama ini latihan dikonsentrasikan di dalam kompleks Korem.

"Saya tegaskan para prajurit TNI untuk tidak bosan-bosannya latihan. Latihan jangan dijadikan beban tetapi kebutuhan. Sehingga jika terjadi bencana sesungguhnya nanti mampu menanggulanginya," katanya.

Kegiatan latihan selama tiga ini juga dihadiri Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris, Perwakilan Pemkab Semarang, BPBD Jateng, Tagana, SAR, PMI dari wilayah Kodim di wilayah Korem Salatiga.  

Sebelumnya, pangdam mengatakan, dalam latihan ini dikonsentrasikan pada bencana banjir. Hal ini disesuaikan dengan kondisi kerawanan bencana di wilayah Korem Salatiga yang meliputi sembilan daerah dari eks Karesidenan Pati dan eks Karesidenan Semarang minus Kota Semarang.

Dalam latihan ini Danrem diharapkan bisa mengelola sumber daya yang ada untuk memberi bantuan kepada korban bencana banjir. Bantuan yang diperlukan saat bencana misalnya, mencari dan menyelamatkan korban, mengevakuasi korban, menyelenggarakan pengungsian, dan perawatan.

Juga menerima dan menyalurkan bantuan, kemanusiaan, dalam rangka mendukung operasi BPBD Jawa Tengah. Perlu disiapkan pula personel dan meteriil untuk membantu pemerintah daerah dalam
penanggulangan banjir di wilayah Korem Salatiga.

(Moch Kundori /SMNetwork /CN34 )