image

Foto: suaramerdeka.com / dok

14 September 2017 | 04:55 WIB | Nasional

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Yunior Digelar di Jogja

JAKARTA, suaramerdeka.com - Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Yunior bertajuk Blibli.com Yonex Sunrise BWF World Junior Championship 2017.

Ajang ini akan diselenggarakan di GOR Among Rogo, Yogyakarta, 9-22 Oktober mendatang.Ketua Panitia Penyelenggara, Achmad Budiharto mengatakan, pihaknya patut berbangga diberi kepercayaan menjadi tuan rumah setelah terakhir digelar di Indonesia 25 tahun silam. Untuk menjadi tuan rumah, juga butuh perjuangan karena melalui proses bidding.

"Kami menawarkan Jogja saat bidding karena kota ini mempunya nilai khusus, terkenal dengan pendidikan, budaya dan pariwisata. Semua pemain nanti tak hanya bertanding pada kejuaraan, tapi juga mendapatkan edukasi di Jogja. Inilah alasan kenapa Indonesia mengajukan Jogja, mungkin kalau Jakarta belum tentu terpilih," kata Budiharto pada sesi konferensi pers di Jakarta, Rabu (13/9).

Turut hadir pada acara itu, antara lain Wakil Ketua Umum III PP PBSI Lutfi Hamid, Program Manajer Bakti Olahraga Djarum Foundation, Budi Darmawan, Senior Vice President of Trade Partnership Blibli.com, Lay Ridwan Gautama dan atlet Indonesia, Yeremia Erich Yoche Yacob/Ribka Sugiarto.

Pria yang juga menjabat Sekjen PP PBSI ini mengatakan, pihaknya memiliki misi ingin memecahkan rekor dalam jumlah negara peserta. Jika tahun lalu kejuaraan serupa di Bilbao, Spanyol, negara peserta sekitar 50an, kali ini diharapkan bisa tembus 60 negara.

"Kami juga ingin tercatat di BWF sebagai penyelenggara event paling besar di dunia," jelasnya.

Sebelum kejuaraan digelar, pihaknya akan menggelar training camp (TC) di Magelang, 23 September - 5 Oktober. Peserta TC diharapkan berasal dari atlet berbagai negara yang mengikuti kejuaraan.

"Target kami sebenarnya bukan atlet, tapi negaranya, terutama negara yang masih mengembangkan bulu tangkis. Yang sudah mendaftar adalah Brasil, Ghana, Australia dan banyak lagi. Pelatihnya kami kerjasama dengan PB Djarum, ada Christian Hadinata juga. Jika banyak negara memiliki atlet bulu tangkis, maka semakin menguatkan olahraga ini untuk terus dipertandingkan di Olimpiade," jelasnya.

Pada kejuaraan nanti akan mempertandingkan dua kategori, masing-masing beregu dan perorangan.

(Arif M Iqbal /SMNetwork /CN34 )