image

Foto: RRI

16 Juli 2017 | 08:00 WIB | Suara Banyumas

Warga Negara Belgia Tarikan Lengger Banyumas

BANYUMAS, suaramerdeka.com – Sembilan wanita warga negara Belgia turut serta dalam Sendra Tari Kamandaka, yang berlangsung di pangung terbuka Bukit Bintang, Baturaden Banyumas, Sabtu (15/7) malam. “Bule” berusia remaja itu menarikan Lengger Banyumas. Dengan tema Lengger Bodongan, diakhiri dengan Goyang Maumere.

Koordinator warga negara Belgia, Fien Kempen mengaku sangat senang bisa tampil pada gelaran tersebut. Selain itu, Fien menilai, budaya dan masyarakat Banyumas adalah budaya yang terbuka, berbeda dengan budaya yang ada di negaranya. Sehingga ia merasa senang empelajari budaya tersebut.

Untuk menguasai tarian Lengger Banyumas, kesembilan remaja ini berlatih selama tiga kali, dengan waktu dua jam sekali pertemuan.

“Saya sangat senang bisa tampil di acara ini, pada malam ini. Saya kira budaya dan masyarakat Banyumas sangat terbuka dan menarik. Kebudayaan disini juga dianggap sangat penting, bagi warganya,” kata Fien seusai menari, dilansir RRI.

Sementara itu, Penasihat Paguyuban Masyarakat Wisata Baturaden, Deskart Jatmiko mengatakan, gelaran budaya ini sebagai upaya untuk menarik wisatawan agar bisa tinggal lebih lama. Dengan demikian akan dampak positif bagi pelaku wisata di Baturaden.

Selain itu juga untuk memperkenalkan bahwa Baturaden juga kaya dengan wisata budaya.

(RRI /SMNetwork /CN41 )