image

Bekas mobil dinas beberapa OPD ditukar bekas mobil dinas anggota DPRD Blora yang sudah dikembalikan, Rabu (13/9). (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)

13 September 2017 | 22:42 WIB | Suara Muria

Eks Mobil Dinas Anggota DPRD Blora Langsung Didistribusikan ke OPD

BLORA, suaramerdeka.com- Tak perlu menunggu lama bagi Pemkab Blora untuk memanfaatkan kembali bekas mobil dinas anggota DPRD yang sudah dikembalikan. Mobil berpelat merah berbagai jenis dan tipe itu mulai didistribusikan ke sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) yang membutuhkan, Rabu (13/9).

Sekretaris Daerah (Sekda) Blora, Bondan Sukarno menyebutkan, ada lima OPD yang sudah dipastikan mendapatkan eks mobil dinas anggota DPRD. Kelima OPD itu adalah Inspektorat, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

"Eks mobil dinas anggota DPRD yang sudah dikembalikan ini memang diprioritaskan akan dipakai OPD dan kendaraan dinasnya masih belum mencukupi untuk menunjang
pelaksanaan tugas," ujar Bondan Sukarno.

Bondan Sukarno didampingi Kepala Inspektorat, Bambang Darmanto, Sekretaris DPRD Pujianto Said, Asisten III Cris Hapsoro dan Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub), Samsul Arief, serta sejumlah pejabat lainnya, mengecek eks mobil dinas anggota DPRD yang sudah dikembalikan tersebut. Mobil-mobil itu  antara lain berjenis dan tipe Honda CRV, Toyota Kijang, Suzuki APV dan Isuzu Panther selama ini ditempatkan di halaman belakang kantor Pemkab Blora.

Bondan Sukarno mengatakan, masih cukup banyak OPD yang nantinya akan mendapatkan mobil dinas tersebut. Di antaranya Dinrumkimhub, Dinas Pekerjaan Umum, dan Penataan Ruang, Dinas Peternakan dan Perikanan, Satpol PP.

"Kita inventarisasi OPD yang membutuhkan serta mobil yang tepat untuk dinas tersebut apa," kata Bondan Sukarno yang juga mantan kepala Dinas Pekerjaan Umum.

Sementara itu hingga Rabu pagi, dari 24 mobil dinas yang sebelumnya dipinjam anggota DPRD, masih ada enam mobil yang belum dikembalikan. Berdasarkan data yang dihimpun, anggota DPRD yang belum mengembalikan mobil dinasnya adalah Lina Hartini, Sugeng Hariyanto, Muhlisin, Jariman, Mulyono, dan Mustofa. Mulyono dan Mustofa hingga kini masih menunaikan ibadah haji.

Sehingga kemungkinan besar baru akan mengembalikan mobil setelah tiba di Blora setelah menunaikan haji.

"Untuk anggota DPRD yang belum mengembalikan mobil dinasnya, kami sudah menghubunginya. Menurut rencana akan dikembalikan hari ini juga," kata Sekretaris DPRD,  Pujianto Said.

Pemkab Blora memberitan batas akhir pengembalian mobil dinas 15 September. Jika mobil tidak dikembalikan, tunjangan transportasi anggota DPRD yang belum mengembalikan mobil tidak akan dibayarkan.

"Kan ada batas akhirnya. Saya nunggu batas akhir," kata Sugeng Hariyanto, salah seorang anggota DPRD yang belum mengembalikan mobil dinas. .

(Abdul Muiz /SMNetwork /CN40 )