image

foto: istimewa

14 September 2017 | 22:45 WIB | Semarang Metro

Menteri PUPR: Tol Trans Jawa Target Tersambung 2018

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) terus mengebut penyelesaian pembangunan tol Trans Jawa sepanjang 661 kilometer. Sejauh ini masih menyisakan penyelesaian di ruas tol Salatiga-Solo sepanjang 31 kilometer.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuldjono menargetkan, tol yang menghubungkan Jakarta-Semarang hingga Surabaya ini bisa tersambung pada 2018 mendatang.

"Yang Salatiga-Solo masih dalam proses. Yang lain, tinggal penyelesaian. Kalau Trans Jawa, saya lebih yakin pada 2018 Insya Allah rampung," katanya, di sela-sela kuliah umum di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Kamis (14/9).

Diketahui, hingga Agustus lalu, progres fisiknya baru mencapai sekitar 15 persen. Ruas tol Salatiga-Solo yang menelan investasi hingga Rp 4 triliun ini akan di mulai pekerjaannya. Pembebasan lahan sudah mencapai 90 persen.

Basuki menambahkan, untuk ruas tol Trans Sumatera telah dimulainya dari tiga titik. Yakni selatan, mulai Bakauheni sampai Palembang yang ditargetkan 2018-2019 bisa tersambung.

Dari tengah, katanya, dimulai dari Pekanbaru yang sudah dimulai pengerjaannya. Sementara Medan-Kualanamu sepanjang 40 km sudah mau
diresmikan.

(Mahendra Bungalan /SMNetwork /CN40 )