image

Penampilan 40 siswa kelompok 1 SDN Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan Penerima Bantuan Alat Musik Yamaha di Kemendikbud sebelum penyerahan secara simbolis alat musik yamaha. (Foto suaramerdeka.com/Benny Benke)

14 September 2017 | 11:57 WIB | Nasional

Yamaha Musik Indonesia Hibahkan Alat Musik ke Kemendikbud

JAKARTA, suaramerdeka.com -  PT. Yamaha Musik Indonesia, secara simbolis menyerahkan alat musik Yamaha untuk Sekolah Dasar di Indonesia. Yang diterima Dirjen Dikdasmen dan Direktur Pembinaan SD Drs. Wowon Widaryat, M.Si di Plaza Insan Berprestasi, Kemendikbud, Jakarta. 

Dikatakan Presiden direktur PT.YMID Shinichi Takenaga, penyerahan hibah atau donasi alat musik Yamaha ini selaras dengan slogan insitusinya, yang berbunyi Berbagi Semangat dan Prestasi. "Dengan hibah alat musik ini, kami berkomitmen untuk menciptakan kegembiraan dan inspirasi budaya bersama seluruh orang di dunia," katanya, Kamis (14/9) siang.

Dia menambahkan, hibah ini dilatarbelakangi oleh kesadaran atas arti pentingnya pengembangan seni dan budaya sejak usia dini, via dunia pendidikan.

Sekaligus sebagai salah satu bentuk kepedulian dalam berbagi semangat dan berpartisipasi dalam mendukung 
program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dicanangkan oleh Kemdikbud.

Pemberian donasi alat musik untuk sekolah dasar di Indonesia ini juga disertai dengan pelatihan. Melalui donasi ini diharapkan dapat memperkuat sekolah dalam memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati (etik dan spiritual), olah rasa (estetik), olah pikir (literasi dan numerasi) dan olah raga (kinestetik) sesuai dengan falsafah Pancasila.

Sebelumnya dijelaskan Dirjen Dikdasmen dan Direktur Pembinaan SD Drs. Wowon Widaryat, M.Si, pada tanggal 2 Juni 2017, telah ditandatangani Kesepakatan Bersama antara Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan PT. YMID. 

"Untuk memberi kesempatan kepada siswa sekolah dasar di Indonesia dalam mengolah rasa melalui seni musik dan budaya," katanya.

Yamaha juga memberikan donasi alat musik keyboard, pianica, dan recorder (suling) yang disertai dengan pelatihan. Sebanyak 4,431 unit keyboard telah didonasikan kepada 211 sekolah dasar yang dilaksanakan pada tahun 2016 dan 2017. 

Pada tahun 2016, telah diserahkan 2.961 unit keyboard untuk 141 sekolah dasar negeri di 7 kota Oakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jambi, Makassar, Semarang, Surabaya, Bandung. 

Sedangkan pada tahun 2017, telah diserahkan sebanyak sebanyak 1.470 unit keyboard kepada 70 SD Rujukan ”terpilih” di 34 provinsi di Indonesia yang disertai dengan pelatihan. 

Kegiatan pelatihan alat musik keyboard untuk kedua kelompok sekolah penerima sekolah dasar negeri pada tahun 2016 dan sekolah dasar rujukan pada tahun 2017) telah dilaksanakan atas kerjasama antara Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Kemdikbud dan Yamaha. 

Sebanyak 490 buah piamca dan 490 buah recorder (suling) telah diserahkan kepada 490 Sekolah Dasar Rujukan (sesuai dengan jumlah SD Rujukan saat ini). Masing-masing sekolah menerima 1 set (pianica dan recorder) yang diserahkan pada saat pelatihan guru pada bulan Juli 2017. 

Dalam kesepakatan disebutkan bahwa kegiatan pelatihan penggunaan keyboard adalah 3 tahap, sedangkan pelatihan alat musik piaaica dan recorder akan dilakukan dalam 2 tahap yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2017 dan 2018. 

Program kerjasama ini dilengkapi dengan kegiatan monitoring dan evaluasi yang akan dilaksanakan bersama oIeh Yamaha dan Kemdikbud, dalam rangka memantau pencapaian tujuan serta dampak program .

Melalui program ini diharapkan muncul sekolah dasar yang dapat menjadi contoh dalam mengimplementasikan program penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran seni dan budaya dalam rangka menyiapkan Generasi Emas 
2045 yang mcmiliki kecakapan Abad XXI. (G20).

 

(Benny Benke /SMNetwork /CN19 )