• KANAL BERITA

Trotoar Kompleks Pendapa Kabupaten Makin Cantik

Trotoar Jalan Surohadikusumo yang sudah diperbaiki nampak asri dan nyaman untuk santai.(suaramerdeka.com/Saiful Bachri)
Trotoar Jalan Surohadikusumo yang sudah diperbaiki nampak asri dan nyaman untuk santai.(suaramerdeka.com/Saiful Bachri)

PEMALANG, suaramerdeka.com - Trotoar Jalan Surohadikusumo, kompleks pendapa Kabupaten Pemalang  makin cantik, indah dan asri dengan taman dan kursi untuk santai pengunjung.

Pekerjaan memperindah trotoar itu tahun ini adalah tahap kedua setelah tahun sebelumnya trotoar yang membujur dari selatan ke utara selesai direnovasi. Tahun ini tinggal menyelesaikan yang membujur dari arah barat ke timur.

Kepala Dinas Penataan Kota dan Permukiman (Disperkim), Mugiyatno mengungkapkan, pembangunan trotoar di Jalan Surohadikusumo sebagai bagian dari penataan perwajahan kota menjadi lebih cantik.

Sebelumnya pusat kota seperti alun-alun juga mendapat perlakuan sama. Kawasan ruang terbuka itu dilengkapi air mancur, patung nanas dan taman-taman.

Selain untuk mempercantik wajah kota dan lingkungan kantor Bupati, penataan trotar itu memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berkegiatan secara positip di sepanjang Jalan Surohadikusumo.

Selama ini jalan tersebut sering digunakan anak-anak muda untuk bersantai. ''Masyarakat boleh berkegiatan di jalan itu seperti duduk-duduk santai atau berjualan makanan dan minuman ringan yang tidak membuat kotor lingkungan sekitar,'' kata Mugiyatno.

Pemkab berharap dengan dibangun tempat santai baru itu masyarakat tergerak ikut menjaga kebersihan dan ketertiban. Sehingga trotoar yang tertata cantik, indah dan asri bisa terjaga dengan baik. Jadi bisa bertahan lebih lama.

Pembangunan trotoar dan Jalan Surohadikusumo yang membujur barat ke timur menelan biaya Rp 1,2 miliar dari APBD 2019. Panjang trotoar 192 meter untuk sebelah selatan dan sebelah utara 145 meter.

Sedang panjang jalan 187 meter. Yang membujur dari selatan ke utara sudah dibangun pada tahun anggaran 2018. Kedua bagian jalan tersebut disediakan trek khusus untuk sepeda kayuh.


(Saiful Bachri/CN40/SM Network)