• KANAL BERITA

Staf DPU Salurkan Donasi untuk RTLH

 Bupati Semarang, Mundjirin didampingi Ketua BAZNAS Kabupaten Semarang Munashir dan Kepala DPU, Totit Oktoriyanto melihat kondisi rumah milik Sudarman, warga RT 01 RW VIII Lingkungan Ngampon, Kelurahan Panjang, Ambarawa, Selasa (3/12) pagi. (suaramerdeka.com/dok)
Bupati Semarang, Mundjirin didampingi Ketua BAZNAS Kabupaten Semarang Munashir dan Kepala DPU, Totit Oktoriyanto melihat kondisi rumah milik Sudarman, warga RT 01 RW VIII Lingkungan Ngampon, Kelurahan Panjang, Ambarawa, Selasa (3/12) pagi. (suaramerdeka.com/dok)

AMBARAWA, suaramerdeka.com - Raut wajah Sudarman, pria lanjut usia warga RT 01 RW VIII Lingkungan Ngampon, Kelurahan Panjang, Ambarawa terlihat senang. Ia tidak mengira rumah reyot yang dihuninya akan dipugar menjadi bangunan permanen.

“Pemugaran rumah tidak layak huni (RTLH) mantan pegawai DPU ini dibiayai dari dana pribadi yang dikumpulkan para pegawai di DPU Kabupaten Semarang. Kami juga berterima kasih ada bantuan dari Baznas Kabupaten Semarang,” kata Kepala DPU Kabupaten Semarang, Totit Oktoriyanto, di sela mendampingi Bupati Semarang, Mundjirin, meninjau proses perbaikan RTLH, Selasa (3/12) pagi.

Totit menjelaskan, kegiatan bakti sosial kemarin dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Bakti ke-74 PU tingkat Kabupaten Semarang. Kiprah DPU  Kabupaten Semarang yang saat ini terus berkembang, menurutnya tidak lepas dari rintisan dan kerja keras para pegawai yang telah purna tugas. Karenanya, ketika mengetahui ada mantan pegawai DPU yang masih tinggal di rumah yang kurang layak untuk dihuni, pihaknya bersepakat membantu perbaikannya.

“Ini sebagai wujud penghargaan dan penghormatan kepada pegawai yang telah ikut merintis kinerja pekerjaan umum di sini,” ujarnya.

Dia juga berharap para mantan pegawai DPU lainnya dapat merasakan kesejahteraan di masa tuanya. Rumah baru Sudarman, rencananya hendak didesain berukuran 6 meter x 6 meter. Total dana yang disediakan sebesar Rp 25 juta berasal dari iuran sukarela para pegawai DPU Kabupaten Semarang. Adapun bantuan dari Baznas mencapai Rp 10 juta.

Dalam sambutannya, Bupati Mundjirin mengapresiasi dukungan jajaran staf DPU untuk mensukseskan program menuntaskan perbaikan RTLH di seluruh Kabupaten Semarang. Sejak dimulai 2010 lalu, setidaknya telah selesai diperbaiki 16 ribu RTLH.

“Dukungan dari swasta, Baznas, dan semua pihak diharapkan dapat terus menambah jumlah rumah yang diperbaiki,” terang Bupati.

Pihaknya menghimbau, pihak swasta terutama yang tergabung dalam Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) dapat terus mendukung program ini. Dana tanggungjawab sosial dari masing-masing perusahaan dapat digunakan untuk memperbaiki lebih banyak RTLH lagi.

“Kalau tidak mampu satu rumah satu perusahaan, ya mangga gabungan. Bisa dua atau tiga perusahaan jadi satu,” imbuhnya.

Di lokasi yang sama, Ketua Baznas Kabupaten Semarang Munashir menambahkan, pihaknya selama ini telah membantu perbaikan 25 RTLH. Tahun depan, Baznas Kabupaten Semarang merencanakan hendak memberikan dukungan untuk perbaikan 20 unit RTLH.


(Ranin Agung/CN40/SM Network)