• KANAL BERITA

Praktek Kedokteran Gigi Mengedepankan Prinsip Kemanusiaan

Dekan FKG Unissula Suryono, memimpin upacara sumpah dokter di gedung kuliah bersama Lantai X. (suaramerdeka.com/Hari Santoso)
Dekan FKG Unissula Suryono, memimpin upacara sumpah dokter di gedung kuliah bersama Lantai X. (suaramerdeka.com/Hari Santoso)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Lulusan kedokteran gigi diminta menjunjung tinggi nilai, norma, dan etika profesi. Sebab hal ini erat kaitannya dengan tugas mulia mereka. Merawat, menyembuhkan dan menyelamatkan pasien.

‘’Dokter memiliki tugas berat sehubungan memenuhi hak kesehatan para pasien. Tugas ini yang butuh mengedepankan prinsip-prinsip kemanusiaan universal,’’ tutur Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unissula, drg Suryono PhD, Selasa (2/12).

Alumnus UGM Yogyakarta itu berbicara dihadapan lulusan, yang sedang mengikuti upacara sumpah profesi dokter gigi. Hadir Ketua Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA)  Hasan Toha dan Rektor Prabowo Setiyawan PhD.

Prosesi sumpah angkatan XXI ini dipusatkan di Lantai X Gedung Kuliah Bersama Unissula Jalan Raya Kaligawe. Sebanyak 17 dokter gigi siap dilepas dari kawah candradimuka kampus untuk mengabdi dan melayani publik.

Dekan Suryono sekaligus tidak merasa khawatir dengan alumnus kedokteran gigi dari kampus ini. Sebab, selain bekal akademi yang sangat memadai, mereka turut diperkuat dengan pendidikan karakter dan keagamaan. Muaranya juga, lulus dari perguruan tinggi para dokter gigi ini telah memiliki kualifikasi ungggulan.

‘’Sebagai buktinya kampus ini menjadi yang terbaik nasional dalam uji kompetensi calon dokter gigi di Indonesia. Kelulusan dokter gigi dari fakultas ini juga mencapai 100 persen,’’ kata dia.

FKG Unissula juga sedang menyongsong akreditasi internasional yang diajukan hingga ke Inggris. Setelah sebelumnya meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Rektor Unissula, Prabowo Setiyawan PhD, menyampaikan apresiasinya atas kerja keras mahasiswa yang kini telah menyandang gelar dokter gigi. Langkah panjang dan belajar tekun ditempuh selama menyelesaikan studi.

Kini, mereka sudah menjadi bagian dari kaum profesional yang akan mengamalkan ilmu dan pengetahuannya untuk sesama. Diingatkan supaya mereka menunjunjung tinggi etika profesi. Selain itu mengedepankan rasa kemanusiaan dalam melayani pasien.


(Hari Santoso/CN40/SM Network)