• KANAL BERITA

Saat Ini Masyarakat Antusias Investasi Emas

Foto suaramerdeka.com/dok
Foto suaramerdeka.com/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Penguatan ketahanan ekonomi tidak terbatas pada pencapaian stabilitas indikator makroekonomi, tetapi juga meliputi aspek-aspek yang membentuk perekonomian nasional yang tangguh. Emas bisa di ambil sebagai contoh membentuk perekonomian yang tangguh.

Kini berbagai kebijakan ekonomi terus digulirkan pemerintahan sekarang. Seperti, kemudahan dalam berinvetasi logam mulia. Menurut Kepala Departemen Operasi Divisi Produk Emas Pegadaian Heri Prasongko, saat ini masyarakat sangat antusias investasi emas.

"Emas bisa untuk memudahkan masyarakat yang ingin berhaji dan umrah. Betapa emas bisa jadi pilihan investasi aman bagi jemaah. Di tahun 2005, harga emas hanya Rp 138.973 per gram. Untuk membayar ONH Rp 26 jutaan, maka butuh emas 191 gram," ujar Kepala Departemen Operasi Divisi Produk Emas Pegadaian Heri Prasongko di Jakarta.

Namun, lanjut Heri, tahun 2019, harga emas Rp 700 ribu per gram. Dengan ONH Rp 35 juta, jemaah hanya butuh 50 gram emas. "Jadi bisa dilihat betapa emas itu relatif lebih melindungi nilai uang jemaah. Kalau 2005 harus siapkan 191 gram emas untuk satu orang, sekarang berat segitu sudah bisa memberangkatkan tiga orang," tuturnya.

Namun, dia menegaskan bahwa investasi emas harus dalam bentuk batangan atau bisa juga perhiasan tetapi dengan kadar tinggi. Selain itu emasnya harus buatan perusahaan lokal yang sudah bersertifikasi seperti PT Antam.


(Prajtna Lydiasari/CN19/SM Network)