• KANAL BERITA

Diskopukmnakertrans Dorong Produk UMKM Masuk Toko Modern

Kepala Diskpukmnakertrans Jepara Eriza Rudi Yulianto saat membuka pelatihan ritel modern bagi pelaku UMKM. (suaramerdeka.com/Septina Nafyanti)
Kepala Diskpukmnakertrans Jepara Eriza Rudi Yulianto saat membuka pelatihan ritel modern bagi pelaku UMKM. (suaramerdeka.com/Septina Nafyanti)

JEPARA, suaramerdeka.com - Kepala Dinas Koperasi UMKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopukmnakertrans) Kabupaten Jepara, Eriza Rudi Yulianto, mendorong produk UMKM Jepara bisa masuk ke toko modern seperti alfamart. Hal ini disampaikan Eriza pada pelatihan ritel modern bagi pelaku UMKM yang berada di wilayah Kabupaten Jepara yang digelar oleh PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk di Joglo Kebon Resto Jepara, Senin (2/12).

Dalam kegiatan yang diikuti oleh sekitar 100 pengusaha kecil itu, Eriza meminta alfamart untuk mengevaluasi setiap produk yang diajukan untuk masuk ke jaringan toko ritelnya. Dia mengatakan, hasil evaluasi dari Alfamarta kan dijadikan masukan untuk menggelar pelatihan sesudahnya. Dia mencontohkan, kendala yang dialami UMKM tidak hanya pada produksi, tetapi juga standar kemasan dan jaringan pemasaran.

''Kami akan menggelar pelatihan sesuai kebutuhannya,'' terangnya.

Dia mencontohkan, produk snack misalnya, sudah ada label di kemasannya. Namun ternyata belum mencantumkan nomor PIRT-nya. Padahal, untuk masuk ke toko modert PIRT mutlak harus dimiliki oleh industri makanan, meskipun skala mikro dan kecil.

''Kami berharap, melalui kegiatan ini peserta juga mendapat bekal yang berharga dan bermanfaat untuk menjalankan usaha yang saat ini mereka tekuni,'' katanya.

Deputi Branch Manager Alfamart Rembang Supriyanto mengatakan, kegiatan tersebut digelar sebagai bagian dari upaya perusahaan agar UMKM bisa tumbuh dan berkembang.

''Hal ini sesuai dengan visi perusahaan yakni menjadi jaringan ritel terkemuka yang berorientasi pada pemberdayaan pengusaha kecil juga sebagai bagian CSR perusahaan,'' tambah dia.  

Dalam pelatihan tersebut, Alfamart berbagi materi bagaimana produk dari usaha kecil bisa masuk ke toko Alfamart. Baik mekanisme maupun syarat yang ditetapkan seperti masalah perizinan, jenis produk hingga kemasan.

Secara umum apa yang telah disampaikan tim Alfamart dalam pelatihan tersebut merupakan upaya untuk mendorong para pelaku UMKM bisa memasarkan produknya ke jaringan toko Alfamart.


(Septina Nafiyanti/CN40/SM Network)