• KANAL BERITA

Hebat, MTsN 1 Malang Borong Medali WSC 2018 di Melbourne

Foto: Kemenag
Foto: Kemenag

MALANG, suaramerdeka.com - Siswa madrasah kembali ukir prestasi tingkat internasional. Prestasi terkini datang dari siswa-siswi MTsN 1 Malang Jawa Timur. Mereka meraih sejumlah medali pada The World Scholar’s Cup (WSC) yang digelar di Melbourne Australia, 17 - 21 Agustus 2018.  

Tim MTsN 1 berhasil memperoleh 7 medali di tingkat internasional yang terdiri dari 5 medali emas dan 2 medali perak dengan rincian, tiga  Medali Emas Team Scholar’s Bowl, satu Medali Emas Challenge Arts, dan satu Medali Emas Top School Scholars.

Kemudian satu Medali Perak Challenge Arts serta satu Medali Perak Writing Champions

Tim dari MTsN 1 Malang terdiri dari Ananda Amalya Hasya, Kayana Ayunda Diyanti, dan Rania Hana Prabandari.

Kepala MTsN 1 Malang Jawa Timur Samsuddin mengatakan, The World Scholar’s Cup merupakan International Academic Competition yang terdiri dari dua divisi, yaitu Junior (usia 10-14 tahun) dan Senior (mulai usia 15 tahun). Tetapi, mulai 2019 mendatang, ada penyesuaian bahwa usia 14 tahun sudah masuk ke dalam kategori Divisi Senior.

“Untuk menjadi peserta, calon peserta harus membentuk tim yang terdiri dari 3 siswa. Setiap sekolah boleh mengirimkan beberapa team. Kemudian team tersebut mendaftar untuk mengikuti kompetisi tingkat regional yang diselenggarakan di setiap negara,” lanjut Samsuddin

Ia menambahkan, tim Matsanewa (MTsN 1 Kota Malang) mengikuti Divisi Junior dan memilih untuk mengikuti Regional Round yang di Surabaya, mengingat jarak yang lebih mudah dijangkau.

"Menurut panitia penyelenggara di Regional Round, Tim Matsanewa ini merupakan team pertama dari Kota Malang yang bergabung untuk mengikuti kompetisi akademik WSC,” jelas Samsuddin.

Dalam kompetisi ini, Tim  MTsN 1 Malang ikut berpartisipasi pada tiap bidang studi meliputi Human Relationships, The History of Diplomacy, Black Markets, The Science of Memory, Braving the Distance, serta Voices of the Inseparable.


(Kemenag/CN42/SM Network)