• KANAL BERITA

Sentra Gakkumdu Malang Diharapkan Segera Terbentuk

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

MALANG, suaramerdeka.com - Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Malang, George Da Silva, berharap agar sentra penegakkan hukum terpadu (Gakkumdu) segera terbentuk.

“Hari ini kita koordinasi dengan Polres Malang untuk secepatnya mempersiapkan sentra gakumdu,” kata George, Kamis (23/8).

Menurutnya, struktur Bawaslu Kabupaten Malang yang baru sudah terbentuk dan dilantik di Jakarta tanggal 15 Agustus 2018 lalu. Kepengurusan tersebut berlaku lima tahunan, dari 2018 sampai dengan 2023.

Sebagai Ketua, Mohammad Wahyudi sekaligus merangkap Anggota serta Kordiv Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar lembaga. Kemudian Umar Khayyan merangkap Anggota serta Kordiv SDM dan Organisasi.

Abdul Allam Amrullah merangkap Anggota dan Kordiv Sengketa Pemilu. Serta Muhammad Hazairin merangkap Anggota dan Kordiv Hukum, Data dan Informasi.

“Sementara saya sendiri di bagian Kordiv Penanganan Pelanggaran. Gakumdu nantinya selain diisi dari Bawaslu juga Kepolisian dan Kejaksaan,” papar George.

Ia menegaskan sentra Gakumdu harus segera dibentuk. Hal itu dikarenakan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Pileg sudah semakin dekat.

“Penetapan DCT oleh KPU tanggal 23 September 2018. Artinya apa, setelah penetapan para Caleg sudah diperbolehkan melakukan kampanye. Oleh karena itu, Gakumdu sebelum penetapan DCT harus sudah terbentuk untuk menangani pelanggaran kampanye,” tegasnya.


(BRJ/CN41/SM Network)