image

Padepokan Retjo Pentung. Foto: Skyscrapercity

09 September 2017 | 15:43 WIB | Kejawen

Menyambangi Palereman Kanjeng Ratu Kidul

KEBERADAAN Nyi Roro Kidul begitu melekat di hati masyarakat Jawa. Penguasa Pantai Selatan ini mempunyai banyak tempat yang dikeramatkan. Seperti Pantai Pelabuhan Ratu di Jawa Barat, Parangtritis di Yogyakarta, hingga Pantai Popoh di Tulungagung, Jawa Timur.

Pantai Popoh berbentuk teluk, terletak pesisir laut selatan tepatnya di Kecamatan Besuki, sekitar 25 km dari pusat Kota Tulungagung.

Karena berada di Pantai Selatan, di lokasi wisata ini juga berdiri Palereman (tempat peristirahatan) Nyi Roro Kidul yang terletak di area Padepokan Retjo Sewu. Setiap bulan Suro, diselenggarakan Upacara Labuh Semboyo.

Kompleks Retjo Sewu sendiri dibangun pada tahun 1993 oleh H. Soemiran Karsodiwiryo. Ia merupakan pemilik pabrik Retjo Pentung yang pada masanya pernah merajai penjualan rokok di Jawa Timur.

Kompleks Retjo Sewu berdiri di atas area seluas 3 hektare, dengan posisi menghadap tepat ke arah Laut Selatan.

Ada sekitar 2.999 retjo (arca) Dwarapala yang tersusun secara rapi dan berbagai ukuran di lokasi ini. Semua retjo memiliki bentuk yang sama, yakni raksasa bertaring membawa gada.

Tepat di belakang makam ada sebuah patung dengan mulut menganga, di patung ini ada sebuah mata air yang dipercaya masyarakat mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Sementara di area palereman Nyi Roro Kidul terpampang empat lukisan sang ratu. Di samping kiri dan kanan Palereman Nyi Roro Kidul dipasang dua buah kayu cendana dengan pita warna biru dan kuning.

Di sebelah kiri digantung pita berwarna hijau sedang di sebelah kanan digantung pita berwarna kanan. Masing-masing pita itu bertuliskan nama dan alamat siapa saja yang pernah kemari dan tujuannya berhasil.

Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Popoh untuk sekadar membasuh muka dengan air laut. Konon, khasiatnya dapat memberikan panjang umur, awet muda, mudah mendapatkan keuntungan, sehat dan rukun dalam keluarga.

(Fadhil Nugroho Adi /SMNetwork /CN41 )