image

Foto: istimewa

13 Agustus 2014 | 14:01 WIB | Herbal

Empat Minuman Pereda Penat

TUNTUTAN pekerjaan, dinamika dalam hubungan sosial atau masalah keuangan merupakan kondisi yang selalu hadir dalam hidup kita.

Jika dikelola dan ditanggapi dengan sudut pandang positif, tekanan tersebut dapat menjadi tantangan peningkat kualitas pribadi.

Namun ketika pola pikir tidak dikelola dengan baik, beban sehari-hari dapat menimbulkan stres. Akibatnya tubuh merasakan kelelahan, badan lesu, hingga sakit kepala menyerang.

Untuk manfaat kesehatan jangka panjang, mengelola stres diperlukan. Misalnya dengan bersantai, mendengarkan musik, berbincang dengan orang terdekat, berlibur, olah raga teratur, hingga mencukupkan istirahat.

Termasuk dalam cara mengurangi gejala stres, adalah dengan memiliki kebiasaan makan yang baik.

Cobalah untuk menghindari junk food, sebaliknya perbanyak buah dan sayuran, serta ikan yang tinggi kandungan asam lemak omega-3. Seperti dikutip Boldsky, berikut jenis minuman yang disarankan untuk meredakan penat.

Teh 
Kandungan kafein dalam seduhan teh mencegah terjadinya penurunan fungsi otak.

Antioksidan jenis epigallocatechin dan epicatechin pada teh juga bermanfaat mencegah hipertensi dan menangkal radikal bebas. Teh juga mengandung theanine, asam amino yang memiliki efek menenangkan pada sistem saraf.

Susu
Minum segelas susu sebelum tidur, baik untuk mengurangi stres. Susu mengandung asam amino yang disebut tryptophan yang diubah menjadi serotonin neurotransmitter; ini akan membantu untuk meningkatkan suasana hati Anda.

Susu hangat memberikan manfaat lebih karena memiliki efek menenangkan. Kalsium dan magnesium dalam susu juga akan menjaga tingkat tekanan darah. 

Air Putih
Air adalah pilihan termudah untuk mengurangi stres. Hanya dengan minum 8 gelas air sehari, sebagian besar masalah kesehatan dapat dicegah.

Air mengandung endorfin, yang membantu meningkatkan suasana hati. Terhidrasi akan membantu mengalihkan perhatian Anda dari stres dan kecemasan. Air juga akan membantu untuk membuang semua racun dari tubuh.

Jus
Jus dari buah-buahan atau sayur segar sangat baik untuk mengurangi stres. Kalsium dan magnesium, yang hadir di sebagian besar sayuran, membantu menjaga tekanan darah. Vitamin C pada buah adalah sumber yang baik untuk mengontrol respons tubuh Anda terhadap stres.

(Linda Putri /CN33 )