• KANAL BERITA

Musim Tak Menentu, Waspadai Virus Serang Hewan Kesayangan

USG: Salah satu tindakan USG pada seekor anjing. (suaramerdeka.com / dok)
USG: Salah satu tindakan USG pada seekor anjing. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Para pemilik hewan piaraan diminta mewaspadai musim atau cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, karena menyebabkan banyak virus yang menyerang hewan kesayangan baik kucing atau pun anjing. Setidaknya itu yang dicatat beberapa klinik hewan, dengan banyaknya kasus hewan sakit karena virus.

"Pencegahannya tentu melalui vaksin dan selalu menjaga kesehatan dari pakan, lingkungan yang bersih dan pemberian cukup vitamin," kata Drh Lely Anggriani Nababan, salah satu dokter hewan dari "Drh Nugroho" Animal Center Semarang.

Terdapat dua jenis virus yang paling sering menyerang anjing, yakni parvo dan distemper. Menyusul hepatitis, parainfluenza, leptospira, corona, dan kennel cough. Adapun pada kucing dua virus yang paling sering menyerang kucing adalah panleukopenia dan calici. Menyusul chlamydia, dan rhinotracheitis.

Menurut dokter hewan lulusan Universitas Udayana Bali ini, jika upaya antisipasi itu telah dilakukan dari lingkungan yang paling kecil yakni keluarga, berbagai virus itu tidak akan menyasar hewan kesayangan. Pada intinya adalah selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah dan kandang hewan.


(Red/CN26/SM Network)