• KANAL BERITA

Sekda Magelang Minta Rumah Penderita TB Direnovasi

*Cegah Penularan

TENGOK RUMAH: Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono beserta jajaran dari Dinas Kesehatan, Bagian Kesra, Kecamatan, dan Kelurahan menengok kondisi rumah yang ditinggali pasien penyakit TB, Lovend Cahya Christia di kampung Karanggading. (suaramerdeka.com / Asef Amani)
TENGOK RUMAH: Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono beserta jajaran dari Dinas Kesehatan, Bagian Kesra, Kecamatan, dan Kelurahan menengok kondisi rumah yang ditinggali pasien penyakit TB, Lovend Cahya Christia di kampung Karanggading. (suaramerdeka.com / Asef Amani)

MAGELANG, suaramerdeka.com – Pemkot Magelang bergerak cepat untuk menangani kasus penyakit Tuberkulosis (TB) yang menyerang Lovend Cahya Christia (22), warga Karanggading RT/RW 04/02 Kota Magelang. Selain membawa pasien ke RSUD Tidar, juga dilakukan penanganan di rumah yang ditinggali.

Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono mengatakan, pihaknya langsung mengadakan rapat untuk penanganan masalah sosial ini. Secara medis, Lovend sudah ditangani dokter di RSUD Tidar sejak beberapa hari lalu. “Hari ini kami kunjungi rumah yang ditinggalinya. Kita lihat kondisinya di lapangan seperti apa. Sekaligus melihat seluruh anggota keluarganya yang katanya juga ada yang sedang sakit,” ujarnya saat meninjau rumah yang ditinggali Lovend di Karanggading, Senin (25/11).

Ia datang bersama tim dari Dinas Kesehatan, Bagian Kesra, Bagian Humas, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Satpol PP, Camat Magelang Selatan, dan kelurahan. Usai melihat kondisi tempat tinggal pasien, Joko meminta rumah tersebut direnovasi agar menjadi rumah sehat.

“Kami lihat kondisi pasien memprihatinkan. Termasuk kondisi tempat tinggalnya. Maka, saya minta rumah ini ditata agar menjadi rumah sehat. Kondisi sekarang minim pencahayaan, minim sirkulasi udara, dan lembab,” katanya.

Joko menegaskan, rumah ini harus berubah menjadi sehat, sehingga ketika pasien Lovend kembali ke rumah tinggal dan menjalani rawat jalan bisa lebih sehat. Tidak hanya fisik rumah, pihaknya juga siap membantu kebutuhan sehari-hari keluarga pasien tersebut. “Saya minta rumah ini diperbaiki secepatnya. Penuhi juga kebutuhan sehari-hari mereka, utamanya asupan yang bergizi. Ini wujud perhatian pemerintah terhadap warga yang membutuhkan,” jelasnya.

Di tempat yang sama,  Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Magelang, Lilik Sunarto mengutarakan, beberapa hari yang lalu pihaknya menerima laporan ada warga yang terkena TB. Lalu langsung ditangani dengan membawanya ke RSUD Tidar. “Pasien sudah ditangani oleh dokter. Sekarang kami tengok rumah tinggalnya dan ternyata kondisi rumah tidak sehat. Salah satu anggota keluarga, Rusmiyati ternyata juga pernah menderita TB, tapi sudah sembuh,” tuturnya.


(Asef Amani/CN26/SM Network)