SUARA MERDEKA
 
INDEKS NASIONAL Kamis, 31 Januari 2008

JAKARTA- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membidik orang-orang penerima dana Bank Indonesia (BI) dalam kasus aliran dana BI ke DPR.

JAKARTA- Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan akan mempelajari lebih dalam usul pemberian gelar pahlawan bagi mantan presiden Soeharto yang mengundang pro dan kontra.

SEMARANG- Hujan deras yang mengguyur Ungaran dan kawasan atas Semarang menyebabkan Sungai Kaligarang dan Kreo meluap. Tiga rumah yang berlokasi di bantaran sungai di wilayah RW 2, Kelurahan Ngemplak Simongan, Semarang Barat, terancam hanyut. 

GURU saya, Syekh Siti Jenar (Prof Munir Mulkhan dari UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta) pernah bertanya, ''Di mana kamu mempertajam sensitivitas batinmu?'' Dia terkejut ketika mendengar jawaban, ''Di warung kelontong milik Pak RT di depan rumah. Jadi maaf, bukan di masjid.''

KAWASAN pusat kota Melbourne tampil berbeda sejak Rabu kemarin dengan kehadiran seni instalasi foto kaum migran. Foto-foto berukuran besar dipasang memenuhi dinding sebuag gedung tiga tingkat di pusat kota. 

Sebagaimana Samin dan Osing, masyarakat Kalang memiliki corak budaya yang tak serupa dari Jawa pada umumnya. Kini, mereka masih terjumpai di sejumlah daerah di Pulau Jawa. Salah satunya di Kabupaten Kendal.

JAKARTA- Sekitar 7.000 karyawan PT PLN berunjuk rasa ke Istana Negara. Mereka menolak hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 8 Januari 2008, yang antara lain memutuskan bahwa PT PLN Distribusi Jawa dan Bali akan dijadikan anak perusahaan. Mereka juga menolak PT Indonesia Power dan PT Pembangkit Jawa Bali (anak perusahaan) menjadi BUMN yang terpisah dari PT PLN.

WASHINGTON DC- Mantan Presiden RI Bacharudin Jusuf Habibie mengungkapkan, pertemuan terakhirnya dengan mantan Presiden Soeharto terjadi pada 21 Mei 1998 -saat Soeharto lengser- dan setelah itu hingga akhir hayatnya, Soeharto tidak memperbolehkannya lagi bertemu secara fisik.

SIDOARJO- Setelah lama tenang pascadilakukan pembayaran uang muka 20%, ribuan warga korban lumpur panas PT Lapindo Brantas Inc turun jalan lagi. Tujuannya, Pendapa Pemkab Sidoarjo. Sejumlah tuntutan mereka ajukan. 

JAKARTA- Departemen Dalam Negeri (Depdagri) tidak otomatis melantik penjabat gubernur di daerah yang terjadi sengketa hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Demikian dikatakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) H Mardiyanto, kemarin.

SURABAYA - Antiklimaks. Itulah pengusutan kasus dugaan penimbunan sekitar 40.000 kedelai di gudang di Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo, belum lama ini.

SEMARANG - Sindikat narkoba yang beroperasi di sejumlah daerah di Jateng, ditengarai sudah dilengkapi dengan senjata api (senpi). Kondisi itu membuat Ditnarkoba lebih waspada dan berhati-hati dalam melakukan penangkapan.

Tanya: Bapak Gubernur, saat ini harga sembako melambung harganya. Bagaimana sebenarnya harga sembako di Jateng? Terima kasih. Ning Sampangan, Kota Semarang Jawab: SAUDARI Ning, berdasarkan hasil pemantauan harga komoditas strategis kebutuhan bahan pokok masyarakat di beberapa pasar di Kota Semarang seperti Pasar Bulu, Pasar Peterongan, Pasar Gayamsari, Pasar Johar,...

JAKARTA- Tuntutan banyak pihak agar kejaksaan mengusut tindak pidana korupsi yang dilakukan para kroni almarhum mantan Presiden Soeharto, tampaknya susah terpenuhi. Pasalnya, kejaksaan mengaku tidak mengetahui secara pasti siapa yang dimaksud para kroni tersebut. ''Banyak orang selalu ngomong kroni. Kroni yang mana, coba tunjukkan sama kita. Kita sudah pernah mengusut Bob Hasan dan sudah pernah dipenjara.

JAKARTA- Kejaksaan Agung (Kejagung) mengakui adanya kendala dalam penyidikan kasus dugaan korupsi di Badan Penyangga dan Pemasaran Cengkih (BPPC). Di antaranya banyak dokumen terkait perkara tersebut yang kini tak diketahui rimbanya.

NUSA DUA- Aset hasil korupsi yang berada di luar negeri merupakan hak dari negara asal. Jadi tidak alasan bagi tempat negara aset tersebut disimpan untuk mengembalikan aset tersebut. 

PENGADILAN umum yang mengadili perkara tindak pidana korupsi tampaknya masih menjadi tempat yang aman bagi koruptor. Hal ini menunjukkan semakin lemahnya upaya pemberantasan korupsi yang digembar-gemborkan pemerintahan SBY-Kalla.

JAKARTA- Departemen Keuangan dan Bank Indonesia merupakan kunci dalam penyelesaian kasus penyelewengan dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Hal ini diungkapkan anggota Tim 13 DPR untuk kasus BLBI, Drajad Wibowo di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (30/1).

SEMARANG- Kepala Pendidikan dan Kebudayaan (Diknas) Blora dan Rembang dilaporkan ke Kejaksaan Tinggi Jateng. Keduanya selaku Pimpro Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan 2007,...

SEMARANG - Pemprov Jateng dipastikan akan mendirikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) di Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang. Dalam waktu dekat, melalui Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben), akan membuka prakualifikasi tender secara terbuka.

KEBUMEN - Ketua DPW Partai Kebangkitan Nasional dan Ulama (PKNU) Jateng KH Yazid Mahfudz memprotes Kesbanglinmas Provinsi karena belum memasukkan partai itu sebagai parpol baru yang melengkapi persyaratan.

SEMARANG -Dalam waktu dekat bakal terjadi perombakan birokrasi di lingkungan Pemprov Jateng. Perubahan struktur bakal dialami sejumlah badan, dinas, dan lembaga teknis lain. 

KAJEN - Kasus dugaan pembunuhan, terjadi di Desa Lemahabang Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan Rabu (30/1). Korban yakni Irawan (22), warga Desa Lemahabang, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan.

SEMARANG - Sikap Gubernur Ali Mufiz yang tidak menunjukkan kejelasan maju sebagai cagub dari PDI-P dan mundurnya Ketua DPD PDI-P Jateng Murdoko dari bursa pencalonan gubernur, membuat peluang pendaftar lain menguat. Bibit Waluyo, disebut-sebut memiliki kans untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP.

Sepintas Astana Giribangun tak ubahnya makam raja. Cobalah bandingkan dengan Astana Mangadeg. Atau dengan Astana Pajimatan Imogiri. Nyaris sama bukan? Lalu mengapa HM Soeharto membangun kompleks pemakaman keluarga yang seperti itu?

SEMARANG- Lima bulan menjelang Pilgub 2008, nama-nama yang bakal diusung sejumlah partai belum juga jelas. Koalisi yang digagas sejak lama antara dua parpol untuk memenuhi syarat pencalonan, mulai ada tanda-tanda memudar.

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA