SUARA MERDEKA
 
INDEKS NASIONAL Selasa, 04 Januari 2005

JAKARTA-Pemerintah memutuskan untuk menempatkan anak-anak korban gempa dan tsunami di Aceh di penampungan sementara, dan melarang untuk dibawa keluar dari wilayah tersebut sampai selesai pendataan. Bagi keluarga yang ingin mengadopsi, pemerintah memberikan sejumlah syarat, antara lain memiliki kemampuan ekonomi dan seagama.

JAKARTA-Indonesia membutuhkan kucuran dana 13 juta dolar AS untuk memasang alat pemantau pergerakan patahan bumi. Alat yang disebut Global Positioning System (GPS) tersebut mampu memantau pergerakan patahan bumi, sehingga gempa bumi berdampak tsunami bisa diantisipasi. Demikian kata Direktur Utama PT Pasifik Satelit Nusantara, Adi Rahman Adiwoso, dalam diskusi mengenai pemantauan tsunami di Jakarta, kemarin.

PEMUDA kurus itu terbaring di atas ranjang tentara di lorong Ruang Cut Meutia RS Kesdam Banda Aceh, Senin (3/1) siang. Tak ada baju atau celana yang dia kenakan. Hanya selembar kain yang hanya cukup menutupi auratnya, sehingga luka-luka di sekujur tubuhnya tampak dengan jelas.

 

ACEH BESAR- Tim Suara Merdeka Peduli Aceh Minggu sore tiba di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Tim yang terdiri Drs Mas Soesiswo, Wisnu dan dua tenaga medis dari PMI Jateng yakni dr Haryo Teguh dan Wuri Widiyanti tersebut langsung bergabung ke Posko PMI Aceh Besar yang sudah sejak hari pertama bencana sibuk menolong korban.

LONDON - Penyanyi kondang Cliff Richard, bintang pop Boy George, dan bintang-bintang musik lain di Inggris berencana merilis sebuah lagu untuk mengumpulkan dana bagi para korban tsunami Asia.

JAKARTA - Aparat kepolisian masih berusaha mendapatkan barang bukti pistol yang digunakan tersangka Adiguna Sutowo untuk melakukan penembakan di Fluid Club & Lounge Hotel Hilton, Jakarta. ''Kami terus mencari senjata tersebut,'' kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Tjiptono, Senin kemarin.

JAKARTA-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan, aksi terorisme masih menjadi ancaman pada 2005. Namun, dia memperkirakan kondisi keamanan pada tahun ini akan semakin baik meski beberapa konflik horizontal, seperti di Poso, dan aktivitas gerakan separatis bersenjata belum sepenuhnya dituntaskan.

KUALA LUMPUR-Tidak salah Peter Withe memasukkan Kurniawan Dwi Yulianto untuk menggantikan Ismed Sofyan. Keputusan itu dibayar striker asal Magelang tersebut dengan mencetak gol pertama ke gawang Malaysia, pada leg ke-2 partai semifinal Piala Tiger 2004 melawan Malaysia, semalam.

SOLO- MUI Solo meminta Pemkot setempat untuk menertibkan pengumpulan dana solidaritas Aceh di jalan-jalan umum. Langkah tersebut perlu dilakukan untuk menghindari berbagai kemungkinan buruk yang tidak diinginkan, termasuk adanya penyalahgunaan.

JAKARTA - Untuk kali kesekian tim penasihat hukum Abdullah Puteh meminta Majelis Hakim memberikan penangguhan penahanan kliennya atas dasar kemanusiaan. Tim pengacara juga meminta hakim menunda sidang kasus dugaan korupsi pengadaan helikopter Mi-2 Pemrov NAD.

 

SURABAYA- Kasus dugaan korupsi di KPU Provinsi Jatim sudah sampai di kalangan anggota DPR RI. Dalam pertemuan dengan Gubernur Imam Utomo, Senin (3/1), di Surabaya, Komisi III DPR RI (Bidang Hukum) mendesak Kejati Jatim segera menuntaskan kasus tersebut.

SEMARANG - Alokasi bantuan keuangan dan dokumen pelaksanaan APBD Provinsi Jateng tahun anggaran 2005 diserahkan kepada masing-masing pengguna anggaran, Senin (3/1).

SEMARANG - Sejumlah persoalan yang menyertai pengumuman hasil seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di wilayah Jateng dinilai sebagai risiko Pemerintah Pusat. Namun, pengumuman itu jangan ditarik lagi.

 

SEMARANG- DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Jateng menggelar rapat kerja daerah (rakerda) hari ini (4/1). Acara yang digelar di Kantor DPD Jalan Jenderal Sudirman itu akan dihadiri DPC se-Jateng.

SEMARANG- Di pengujung 2004, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah Irjen Pol Chaerul Rasjid terpilih sebagai "Person of the Year 2004" versi koran sore Wawasan. Dia menyisihkan 25 kandidat lain dari kalangan praktisi, akademisi, aktivis LSM, birokrasi, pengusaha, tokoh olahraga, legislator, dan tokoh masyarakat, termasuk seniman dan budayawan.

PURBALINGGA - Kapolres AKBP Drs Raja Haryono SH menegaskan, masalah Investindo sudah ditangani polisi. Bahkan, saat ini sudah dalam tahap penyidikan. Sejak beberapa waktu lalu polisi telah meminta keterangan masyarakat dan sejumlah pengurus. Saksi ahli dari Bank Indonesia juga sudah diminta keterangan terkait dengan rekening yang ada.

BOYOLALI- Meski ingin mengefisienkan penerbangan, hingga pemberangkatan kloter 31 dari Embarkasi Adi Sumarmo pukul 02.00 kemarin sudah terdapat 92 open seat.

PALU- Ledakan bom kembali terjadi di Poso, Sulawesi Tengah, tepatnya di depan bekas Hotel Alamanda Jl Pulau Bali, Kelurahan Gebang Rejo, Poso Kota, semalam pukul 20.45 Wita. Saat itu hotel tersebut digunakan sebagai mess Brimob Mabes Polri yang ditugaskan di Polres Poso.

BREBES-Sebanyak 142 warga Brebes korban tsunami Aceh, kemarin pulang ke daerah asalnya. Mereka berasal dari dua desa, yakni Desa Cibendung 87 orang dan Desa Cikakak 55 orang. Rombongan tiba pukul 09.00 dengan menggunakan tiga bus milik PT ATS Banda Aceh. Sebelumnya Minggu (2/1) juga telah pulang 53 orang dengan menggunakan Bus Liberty. Kedatangan 142 warga kemarin ditampung di Balai Desa Cibendung, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes. Sehingga balai desa itu terlihat sangat ramai. Situasi yang sama juga terlihat di Balai Desa Cikakak.

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA