image

Foto: istimewa

20 Mei 2015 | 17:41 WIB | Dandan

Solusi PeDe dengan Rambut Sehat

Sudah bisa dipastikan kamu butuh perawatan rambut untuk membuat rambutmu kembali sehat. Tapi jangan khawatir, tidak semua treatment membutuhkan dompet tebal, kok. Berikut redaksi suaramerdeka.com mengulasnya.

Rutinkan pemakaian lidah buaya. Untuk kamu yang sering melakukan hair styling dengan menggunakan banyak bahan kimia, sudah saatnya kamu mulai beralih ke bahan-bahan alam. Gunakan manfaat lendir lidah buaya untuk memijat bagian kulit kepala. Biarkan meresap kira-kira 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Vitamin alami yang dimiliki lidah buaya dipercaya dapat memulihkan kekuatan akar dan batang rambut sehingga mengurangi kerontokan.

Pijat kepala dengan minyak alami. Tak cuma lidah buaya, minyak alami seperti minyak zaitun dan minyak kepala juga bisa digunakan untuk mencegah kerontokan. Caranya, pijat bagian kulit kepala dengan minyak alami ini kemudian tutup dengan handuk atau shower cap, dan biarkan selama kurang lebih satu jam. Proses pemanasan minyak berguna untuk mengaktifkan kandungan vitaminnya sehingga akan lebih efektif menjaga kekuatan rambut.

Kurangi pewarnaan dan perlakuan berbahaya untuk rambut. Rambut sering diwarnai? Mengubah penampilan memang mengasyikkan, ya? Tapi ingat, perlakuan tak sehat untuk rambut bisa menyebabkan rambut kering dan becabang. Solusinya, kamu harus melakukan trim rambut 4-6 minggu sekali untuk membuang ujungnya yang kering dan pecah-pecah. Hindari juga pemakaian sisir yang rapat, hair dryer, catok, dan yang bersuhu panas lainnya. Semakin panas dan lama menggunakan hair dryer, akan menambah resiko kerusakan rambut, lho. Gunakan sisir jari saja, jangan gosok rambut terlalu keras saat keramas, dan biarkan rambut mengering sendiri,

Minimalkan penggunaan produk styling. Kamu termasuk yang suka ini? Mulai sekarang hindari ya, karena penggunaan produk seperti mousse, gel dan hair spray, dapat memudarkan kilau rambut.

Konsumsi vitamin secara rutin. Mengonsumsi vitamin B kompleks yang mengandung biotin setiap hari membantu menguatkan rambut. Vitamin B kompleks bisa diperoleh dari telur, kacang-kacangan dan pisang. Kamu juga bisa menggunakan serum khusus untuk menguatkan akar rambut.

(Fadhil Nugroho Adi /SMNetwork /CN41 )