image
11 September 2017 | 14:16 WIB | SOULUTION

Nggak Sengaja Menelan Permen Karet? Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Kita

Remaja.suaramerdeka.com - Permen karet dikenal sebagai salah satu permen banyak dipilih orang untuk menemani aktivitas. Anak muda bahkan orang tua juga menggemari jenis permen yang satu ini. Tapi kadang sedang asik menikmati kenyalnya permen karet malah nggak sengaja tertelan. Aduh, padahal permen karet dijual bukan untuk ditelan lho. Lalu apa yang terjadi pada tubuh kita?

Ada mitos yang menyebutkan kalau permen karet yang tertelan baru bisa dicerna setelah tujuh tahun di dalam usus. Buset!

Nah, permen karet sebenarnya terbuat dari karet dasar, pemanis, pewarna dan penambah rasa. Karet dasar yang mudah dicerna biasanya terbuat dari campuran elastomer, resin, lemak, emulsifier dan lilin.

Seperti dilansir oleh Dailymail, perut memang nggak bisa memecah permen karet seperti makanan lain. Tapi sistem pencernaan memiliki cara lain untuk menangani benda-benda yang ditelan. Usus bakal terus bergerak dan menggerakkan permen karet sampai membuatnya melewati usus dan keluar dari ujung sistem pencernaan.

Akhirnya, permen karet keluar sebagai kotoran setelah  satu atau dua hari kemudian, kawan. Walaupun permen karet lengket, tapi tetap nggak bisa mengalahkan kekuatan yang dimiliki usus. Selain itu, air ludah juga akan berusaha mencerna permen karet setelah benda lengket itu dimasukkan ke dalam mulut.

Eits, tunggu dulu, permen karet bisa berbahaya kalau tertelan dalam jumlah banyak atau dalam ukuran yang besar dan dalam waktu yang singkat. Kondisi tersebut bisa menyebabkan penyumbatan dalam sistem pencernaan.

Nah, kalau nggak sengaja menelan permen karet, segera lakukan hal ini, yuk. Pertama, minum air putih yang banyak. Hal ini  berguna untuk menghindari biar permen karet nggak menutup kerongkongan yang menyebabkan tersedak. Kedua, usahakan segera mengeluarkan permen karet dari tubuh, juga bisa dibantu dengan makanan. Makanan bisa membantu mendorong permen karet, jadi gerakan peristaltik dari usus semakin cepat mengeluarkannya dari tubuh.

Foto: berbagaisumber

(Adib Auliawan /SMNetwork /CN42 )