image
08 September 2017 | 11:47 WIB | FYI

Dipakai Tanpa Ijin, Pemilik Lukisan Ayam Jago Mangkok Mie Ayam Geram

Remaja.suaramerdeka.com – Pasti kalian sudah nggak asing lagi dengan lukisan ayam jago yang ada di mangkok mie ayam atau bakso kan? Nah, beberapa waktu belakangan ini, lukisan tersebut justru bisa dilihat di apparel, seperti kaos, topi, bahkan tas.

Siapa yang mengira kalau lukisan ayam jago itu ternyata mempunyai tuan alias pemegang hak cipta. PT Lucky Indah Keramik, produsen peralatan mangkok ayam jago tersebut memasang iklan dan memperingatkan semua pihak untuk nggak memakai lukisan ayam jago itu.

Mereka menegaskan kalau hanya pihaknya yang berhak untuk memproduksi, mempergunakan, dan memperdagangkan merek lukisan ayam jago dalam produk mangkok, piring, dan sejenisnya.

"Diperingatkan kepada pihak produsen, importir, distributor, agen ataupun pengecer, untuk tidak membeli, mengimpor, menyimpan, apalagi memperdagangkan barang-barang seperti tersebut di atas, yang terdapat Lukisan Ayam Jago baik itu sama pada keseluruhannya maupun mempunyai persamaan pada pokoknya," tulis PT Lucky Indah Keramik.

Bagaimana kalau masih ada pihak lain yang nekat menggunakan lukisan ayam jago tersebut? Nah, Berdasarkan Pasal 100 ayat (1) dan (2) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016, pihak yang melanggar bisa dipenjara paling lama lima tahun dan/atau pidana denda maksimal Rp 2 miliar.

Nggak hanya itu saja, walaupun ada lukisan yang hanya mirip saja, tetap bakal kena sanksi paling lama penjara empat tahun dan/atau denda maksimal Rp 2 miliar juga. Aduh, berat juga ya hukumannya.

Foto: berbagaisumber

(Adib Auliawan /SMNetwork /CN42 )