Nasional
Minggu, 09 Desember 2007 : 15.53 WIB
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 Germo Gang Dolly Surabaya Dibekuk Polisi
Surabaya, CyberNews.Seorang germo di lokalisasi Gang Dolly di Kota Surabaya diamankan petugas Polwiltabes Surabaya. Sebab, yang bersangkutan menjadikan ABG di bawah umum sebagai pekerja seks komersial (PSK) di wisma yang dikelolanya.

Nama germo itu adalah Rawat Suseso (35), warga Jalan Dukuh Kupang Timur Surabaya. Yang bersangkutan ditangkap Unit Perlindungan Perempuan dan Anan (PPA) Polwiltabes Surabaya setelah mempekerjakan 3 anak di bawah umur di lokalisasi terbesar di Jatim tersebut.

Kanit PPA Polwiltabes Surabaya, AKP Sri Andriyani menyatakan, ketiga korban yang dijual kepada germo itu masing-masing bernama Bunga (17)--bukan nama sebenarnya-- warga Pemalang Jawa Tengah, Indah (18) warga Jember, dan Pratiwi (20) warga Malang. Ketiganya sempat berada dan bekerja selama seminggu di wisma Gazza yang dikelola Rawat Suseso.

Ketiga korban itu datang ke Surabaya untuk mencari pekerjaan. Sesampainya di Terminal Bratang, mereka ditemukan Pak Min, seorang tukang becak yang biasa mangkal di terminal tersebut. Pak Min menjanjikan bekerja di perusahaan konveksi. Kenyataannya ketiga korban itu dikirim ke wisma Gazza di lokalisasi Gang Dolly. "Ceritanya seperti itu," kata Sri Andriyani, Minggu.

Kabarnya, Pak Min mendapat upah Rp 200 ribu setelah memasukkan ketiga anak itu ke wisma Gazza di Gang Dolly. Ketiga korban berontak setelah tahu akan dipekerjakan sebagai PSK. Mereka lalu melaporkan ke polisi.

"Di antara ketiga korban, ada yang sejak seminggu lalu, namun ada juga yang bekerja sejak 3 hari lalu," tambahnya.

Rawat Suseso menyatakan, tarif per jam PSK di wisma yang dikelolanya hanya Rp 85 ribu. Rinciannya, Rp 35 Ribu untuk korban, Rp 38 ribu untuk pengelola, Rp 7 ribu untuk petugas kontrol, dan Rp 5 ribu untuk poin.

Germo PSK ini menolak memperdagangkan anak di bawah umur sebagai PSK di wisma yang dikelolanya. "Mereka datang sendiri dan ingin bekerja di sini (wismanya)," katanya.( ainur rohim/Cn07 )

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA All rights reserved. No reproduction or republication without written permission